Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Selasa, 24 April 2012

Waktu Jadi Anak SD...

Ide buat mosting nih tema sebenernya muncul dari obrolan ngalor-ngidul sama temen2 jurusan yang se angkatan dan temen2 komunitas foto yang rata2 seangkatan juga. Waktu ngobrol ngalor-ngidul sama temen2 jurusan tiba2 aja ngobrolin jajanan anak SD yang ga sehat. Akhirnya ujung2nya flaschback an jaman SD deh, mulai dari jajanan, permainan sampai tingkah konyol gue dan temen2 waktu SD. Beberapa hari dari ngobrol ngalor-ngildul sama temen2 jurusan, eh ngobrol ngalor ngidul juga deh sama temen2 komunitas foto. Awalnya sih ngomongin makanan yang ber MSG eh ujung2nya ngomongin masa2 polos dan lugu waktu gue dan temen2 masih jadi anak SD :D.

Dari obrolan ngalor-ngidul yang sama tema itu, cuma ada satu benang merah yang gue temuin: Jajanan anak SD (jaman gue dan temen2).

Ga taw kenapa yah, jajanan anak SD itu selalu enak dan menggiurkan, hahahha. Do you believe it, ampe segede gini (berkepala 2 dan berekor 2), kalo lewat SD, ga bisa deh gue nahan hasrat buat ngeluarin duit dan nukerin duit gue sama makanan2 SD alias jajan makanan anak SD! Yay!  XD.

Tapi ya, ada beberapa jajanan SD yang ada di jaman gue dan hilang di jaman sekarang. Temen2 se jurusan dan temen2 komunitas foto ternyata punya kesamaan jajanan waktu masi jadi anak SD (yang sekarang udah ilang), nih ya gue sebutin:


- Anak Mas. Anak Mas ini semacem snack gitu, bentuknya kaya mie instan gitu, tapi ga perlu diseduh lah, hahahha. GOD, sumpah enak banget nih! hahahah. Waktu gue SD harganya masih 100 rupiah cuy! Kalo sekarang udah ga ada lagi, kalo mau beli mesti online dan mesti beli (minimal) sedus dengan harga yang ga murah! Beuh, tau bakalan gini, waktu SD gue beli tuh lusinan dus, tar dijual di tahun sekarang, hahahha

- Krip-Krip. Buset deh, nih bener2 enak banget deh. Semacem kaya Anak Mas juga, tapi beda rasa. Kalo ga salah sih rasanya rasa keju. Waktu jaman gue SD harganya masih 25 rupiah. Ngeluarin duit 100 rupiah udah dapet 4 bungkus deh, hahahha.

- Fujie Mie . Ini juga semacem mie gitu, rasanya ada manis2 nya gitu, tapi gurih juga. Warna bungkus snack ini warna coklat. Harga satuannya 25 rupiah sajah, punya duit 100 rupiah dapet 4 bungkus. Rasanya ga kalah deh sama Anak Mas dan Krip-Krip



- Mie Remezzz. Sebenernya ya Mie Remezz ni ga jauh beda sama Anak Mas, Krip-Krip dan Fuji Mie. sama2 bentuknya itu mie. Rasanya juga ga jauh beda, cuma cara ngonsumsinya aja yang beda. Nih ya, kalo lo mau makan snack ini, mesti di remes2 dulu sampe bubuk, baru bisa dimakan. Hahahha. Gue seneng banget nih sama snack satu ini, selalu ada hadiahnya. hahahha. Harganya lumayan agak mahal (kalo kata gue waktu SD), 500 rupiah cuy. Gue inget banget bungkusnya, gambar tangan robot yang lagi nge remes bungkus mie Remezzzz hahahhaha

- Chiki Booomm . Sebenernya kalo dipikir2 (pikiran gue saat ini, di taun 2012) ciki satu ini bener2 penuh bakteri banget deh. Kenapa? Nih ya gue ceritain, ciki ini jadi ciki favorit anak2 SD jaman gue soalnya di dalemnya ada hadiah. Hadiahnya apa? DUIT! Yes, UANG cuy! Hadiah dari chiki ini duit alis money! Siapa sih yang ga girang dikasih duit coba, apalagi anak kecil. Masalahnya, si duit ini dimasukin langsung ke dalem bungkkus chikinya. Okelah kalo duitnya di bungkus lagi pake plastik, lah ini ga! Jadi si duitnya dilipet2 tuh ampe kecil (kalo duit kertas), duitnya lecek dan kotor ya, terus dimasukin ke dalem bungkus chikinya, disatuin sama chikinya! Oh God! Chikinya terus di makan deh sama anak kecil. Bisa dibayangin lah, itu chiki udah kena kuman2 di duit. Tapi, ya waktu gue SD ga mikir ke situnya sih, yang penting enak dan berhadiah duit. Dengan harga 100 perak lo bisa beli ni chiki dan dapet duit, bisa 100 perak atau 500 perak. hahahha, ga rugi deh! Tapi tapi tapi, ga selalu dapet duit, kadang dapet cincin, stiker atau orang2 an. XD

- Telor Mini. Ya ampun, gue hobi banget nih beli telor mini. Telor mini tuh telor biasa atau telor puyuh yang di goreng di cetakan bulet2 yang kecil2. Kalo sekarang sih, cetakannya semacem cetakan takoyaki gitu deh. Sumpah, ini enak banget cuy! Dengan harga 100 rupiah lo udah bisa beli deh. Paling mantep tuh kalo dicampur sama saos yang warnanya meraaaah banget. Beuuuh... ketagihan deh! Hahahha. Gue masih inget bungkus telor mini ini, pake koran yang dilipet. XD

-Coklat Ayam Jago. waktu jaman SD sih nih coklat satu satunya yang enak dan harganya terjangkau (sama gue dan temen2), murah dan enak cuy! Kalo ga salah harganya sekitar 250 deh. Coklatnya tipis, bungkusnya merah putih gitu, ada gambar ayam jagonya, hahahha. Kalo kata temen gue yang asalnya dari Kalimantan, namanya bukan Coklat Ayam Jago tapi Coklat Musang =_____='' Okelah, beda
 daerah. :p




Sebenernya masih banyak sih jenis2 jajanan waktu gue SD, tapi gue sambung2in juga sama obrolan ngalor-ngidul nya temen2 gue, dan cuma segitu ajah yang sempet diobrolin sih. Dari obrolan ngalor-ngidul sama temen2 juga, ga cuma ngobrolin jajanan makanan, tapi jajanan non-makanan, nih ya list nya:

- Nyabut/Nyolok/Nyoblos. Bisa dibilang permainan ini judi kecil-kecilan cuy! Hahahha. Jadi caranya gini, lo mesti ngeluarin duit dulu, waktu jaman gue sih 100 rupiah, lo bayar ke c mang-mang nya, abis itu lo dikasih beberapa benang sama si mang nya, lo tinggal cabut ajah tuh benang. Kalo lo lagi hoky, lo bisa dapet hadiah semacem barbie, mobil tamiya, rumah barbie atau yang lainnya (yang harganya mahal), tapi kalo lo ga beruntung, lo cuma dapet penghapus karet yang kecil atau pensil atau ga dapet apa2. hahahha. Miris banget ya! Pake sistem nyolok pun sama, lo disuruh lempar dadu, tar dadunya nunjukin beberapa angka, misalnya angka 12, tar lo disuruh buat nyolok tuh nomer 12, kalo lo beruntung lo bisa dapet mobil tamiya atau barang mahal lainnya, kalo lo apes lo cuma dapet ager2. Permainan ini adiktif loh. sebelum lo dapet maenan yang lo incer --yang di pajang sama si mang nya-- lo bakalan terus ikutan nih permainan.

- Buku Bergambar. Ini nih yang lucu, buku bergambar yang ga ada gambarnya. Loh kok bisa?? Dengan harga 200 rupiah gue udah bisa beli nih, seru banget deh! Kalo mau liat gambarnya, lo tinggal gosok2 aja tuh kertas putih di buku bergambarnya sama koin 100 atau 500. Lama kelamaan muncul tuh gambarnya, biasannya gambarnya item putih, ga berwarna.

Dari jajanan makanan waktu gue SD ampe permainan2 , itu semua memorable deh. Ga bisa keulang lagi, sebenernya bisa aja sih gue sengaja maen ke SD gue, terus beli buku bergambar yang disgosok pake duit koin, tapi ngapain coba??  Ada hal lain ga yang bisa gue lakuin lagi selain ngegosok2 buku gambar itu?? Hahahha XD.

Tapi ya, terlepas dari rasanya yang enak dan memuaskan diri sendiri, semua jajanan SD (makanan atau non makanan) sebenernya ga baik juga. Makanan SD itu penuh banget sama MSG, apalagi yang ciki2an itu, terus yang disatuin sama duit. Oh God, kecil2 udah dipenuhin sama bakteri2. Saos yang meraaaaaah banget, emang rasanya enak banget, tapi itu kan pewarnanya bukan buat makanan. Ah, waktu gue SD mana mikir yang kaya gitu, yang penting enak, murah dan hati senang :D. Permainan nyabut juga, itu judi kecil2an, tapi namanya juga anak kecil, mana mikir kaya gitu coba. Pantes aja, sekarang2 banyak koruptor *loh, ga nyambung! =_____=''

Terlepas dari itu semua, apa pun yang kita lakuin waktu masih jadi anak SD, sunguh sungguh sungguh bahagia banget. Mungkin anak SD jaman sekarang beda ya sama jaman gue, gue masih ngalamin lagu anak2, tiap 17 agustus nari lagu2 anak. sekarang? Ya, lo bisa liat sendiri deh.
Tanpa disadari juga, gue dan temen2 yang udah berkepala 2 dan berekor 2 atau 3 bahkan 5, selalu ceria kalau flaschback waktu masih jadi anak SD ^^ Mau jaman SD lo di abisin di Bandung, Jakarta atau bahkan Kalimantan, ternyata sama2 aja kalo soal jajanan SD, cuma namanya aja yang beda.
God, i miss Anak Mas, Krip-Krip, Fujie Mie, Telor Mini... XD
See ya, keep on my blog! ^^