Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Rabu, 11 Juli 2012

Episode Tentang Bandung #1

Gue orang Bandung. Gue lahir dan tumbuh di Bandung. Hampir 23 tahun gue habisin umur gue di Bandung. Gue ga pernah ngerantau, kecuali waktu KKN, di Subang. Terserah lo mau ngatain gue kampungan, ga gaul atau apapalh atau orang Sunda bilang: kurung batok. Gue tetep orang Bandung. ......dan gue cinta Bandung. Silahkan lagi lo mau bilang gue lebay, alay atau apalah, yang pasti gue cinta Bandung bukan tanpa tindakan. :D Dan.... gue mulai agak sedikit idealis :D

Hampir 23 tahun gue hidup dan tinggal di Bandung. Otomatis gue tahu dan hafal perubahan2 yang terjadi di kota ini. Oh iya, bukan maksud membanggakan kota gue secara berlebihan, di postingan kali ini gue akan menulis tentang Bandung karena gue peduli Bandung :D. sekali lagi, silakan  kalo mau ngatain gue soksok an..

Dari tahun ke tahun gue rasa Bandung ngalamin yang namanya kemajuan kota yang sangat signifikan. tentunya ga sekaligus ya, sedikit2 dan perlahan2. Tentunya kemajuan ini ada efek positif dan negatif ya.. Tapi kalo gue pikir2 lagi, mungkin terlalu banyak efek negatif... Coba gue paparin satu satu:

1. Mall
Dulu banget, sekitar tahun 90 an, mall di Bandung cuma satu yang terkenal dan bergengsi --> Bandung Indah Plaza atau BIP yang ada di Jalan Merdeka. Siapa sih yang ga kenal nih mall. dari orok bayi ampe kakek nenek demen nongkrong di mall satu ini. Kenapa? Karena strategis dan harga2 di counter2 nya ga terlalu mahal, masih bisa kebeli. Sebenernya selain BIP ada juga mall-mall lain, kaya Palaguna (yang sekrang udah jadi sarang makhluk halus) cuma...BIP ini nih yang paling bergengsi.

Sekarang, udah banyak aja gituh mall mall... Sebenernya sih ok ok aja, tapi..... semakin ga jelas. Mall mall besar sih masih banyak yang ngedatengin (PVJ,Ciwalk,BIP) tapi kalo mall mall kecil?? Kaya MIM, Be Mall atau yg sejenisnya? Cuma dikit yg ngedatenginnya... Bahkan di beberapa daerah udah mau ngebangun lagi mall kecil, yang menurut gue ga guna. Pengunjung pasti ke mall besar lagi mall besar lagi. Sebenernya sih ngebangun mall kecil itu upaya pemerintah buat meratakan pengunjung, biar ga numpuk di satu mall aja, tapi.....ya pengunjung pengen yang strategis dan nyaman dan tentunya bergengsi kan??

Ga salah ngebangun mall kecil, tapi pikirin juga dong kedepannya, wahai para pengembang... Apa laku atau engga, soalnya banyak mall kecil yang ga laku. ujung2nya terbengkalai. Bikin Bandung kumuh!

2. Lingkungan Hijau Bandung
Nampak ironi, ketika gue ngeliat Bandung Utara dari kejauhan (baca: ngeliat ke arah gunung) dalam dua kondisi yang berbeda. Ketika malam hari, gileeeee...... keren banget, kelap kelip kaya bintang,  so wonderful deh. Bandung Utara dihiasi bintang dari lampu rumah2 yang ada disana. Saat siang hari, gue cuma bisa liat coklat coklat coklat, ga ada hijau hijaunya, yang berasal dari pohon. Ga ada bagus2nya. Aplagi kalau musim kemarau, Bandung Utara keliatan jelas dan tentunya jelas sekali atap2 coklat rumah warga. Antara sebel, kesel dan ada perasaan yang pengen bilang: kalo ga ada rumah2 warga, lo ga bisa lagi nikmatin gunung yang berbintang. Dilema.

Gue sangat mengapresiasi orang2 yang kemaren ngadain acara di hutan babakan siliwangi, yang nama acarany HELARFEST. Mungkin ga semua warga BAndung juga tau ada hutan kota ya di Bandung, tapi dengan adanya acara itu bikin semua orang tau kalo di Bandung ada hutan kota yang harus dijaga. Hutan di Bandung Utara udah di babat habis, jadi please deh jaga nih hutan kota kita.

Gue bener2 kesel, geram dan pengen marah ketika beberapa sawah deket rumah gue dikasih plang: DIJUAL. Oohh... udah ga butuh lagi beras ya buat makan. Dan beberapa bulan kemudian, muncullah perumahan2 cluster (perumahan kecil, hanya ada 10 hingga 20 rumah). Gue bener2 geram, kenapa? Kalo hujan, gara2 tuh perumahan cluster akses masuk ke perumahan gue tergenang BANJIR!! DAMN!! F***! Kenapa? KArena air nya tidak terserap. Waktu masih ada sawah, air kan terserap. Sekarang? Mana ada yang meresapinya....



3. Apartemen
Mungkin keberadaan apartemen di Bandung udah lama ya, tapi ga se booming sekrang. Sekarang apartemen di Bandung lagi eksis. Gue sangat tidak setuju dengan keberadaan apartemen di Bandung! Kenapa?? Tentunya menggerus lahan2 kosong yang mungkin bisa diubah jadi gedung yang lebih layak, misal: sarana bermain anak. dan tentunya, sengaja menggerus sawah yang dianggap udah ga produktif lagi. Suck of people!  Artinya juga, air tidak teresapi. AKibatnya? Banjir!! Terus juga, semakin memperlihatkan kesenjangan sosial cuy!
Sesungguhnya, fungsi apartemen itu apa sih??? gue keseeeeeellllll....... Gue bener2 keselll tiap liat apartemen! Gue makin kesel ketika sawah yang sering gue lewatin, diubah jadi apartemen! Ke geraman gue semakin menjadi ketika di wilayah Bandung utara akan dibangun apartemen milik group yang terkenal itu lohhh....yang suka ada di TV yang eksis di bidang properti...
Lagi-lagi Bandung Utara... heh, pengembang, lo ga mikir ya kalo pohon lo babat semua di Bandung Utara, Bandung Selatan makin tenggelam! Untung kalo reboisasi, kalo lupa nge reboisasi??

Mungkin kalo 'sawah itu' digusur jadi cluster atau apartemen atau hotel atau apapun lah, keamarahan gue semakin memuncak, hueehehehe.. Kenapa? di "sawah itu" awal gue dan dia saling kenal, hueheheheh.... cieeee, *jirrrr....gue ga bisa move on!!! :((

4. Gedung Bersejarah
Ketika gue lewat jalan Braga, gataw kenapa ada perasaan sedih dan nyelekit. Gedung gedung tua dirombak total. Padahal, gedung tua itu penuh cerita. Gue ga ngerti ya tentang aturan2 pelestarian cagar budaya gedung bersejarah, tapi gue ingin gedung2 bersejarah ga perlu total di rombak, tapi di alih fungsikan. Asal lo tau, sesungguhnya di tiap gedung gedung tua di jalan Braga itu punya cerita masing2 yang mungkin ga semua orang tau...
Gue cuma bisa menahan rasa kesel gedung2 tua itu dirombak..

5. Macet
Kalo tentang maccet, gue kira ini persoalan yang ga ada ujungnya, kecuali ada kerjasama antara pemerintah, produsen dan distributor motor/mobil dan pihak dinas perhubungan. Kenapa terjadi macet? Macet itu kalo gue gambarin, kaya siklus yang ga putus2.Nih yaa....

Transportasi umum tidak memuaskan -->warga memilih menggunakan kendaraanpribadi biar cepet dan nyaman -->terlalu banyak kendaraan pribadi yang muncul --> angkot ngetem --> macet!--> kenapa macet?--> angkot ngetem--> terlalu banyak kendaraan pribadi yang muncul -->warga memilih menggunakan kendaraan pribadi biar cepet dan nyaman--> gara2 transportasi umum yang tidk memuaskan!

Gue kecewa dengan pihak Dishub tentang keberadaan TMB (Trans Metro Bandung), kok sekarang terbengkalai? Mana TMB? Itu kan angkutan massal... Gue ga ngerti lah ada problem apa antara dishub dengan.... siapalah, gue ga pengen tahu. Yang pengen gue tau, mana TMB? Shelter TMB kok jadi kumuh gitu? Ya kacanya ga ada, ya korban vandalisme, ya besinya dijarah, mana tindakan tegas Dishub Bandung?! Bikin shelter sepanjang jalan Soetta kan ga mudah, ga cukup 1000 atau 200.000?! Suck!

dan akhirnya...gue ga bisa ngapa-ngapain karena gue ga punya kuasa dan ga banyak duit. U know, orang yang bisa ngapa ngapain kan orang yang punya kuasa dan punya duit :D
Gue cuma warga Bandung yang mencintai Bandung. Gue ingin perubahan postif. Gue hanya bisa bercuap2 di blog tanpa menyalurkan  ke rubrik pembaca suatu media cetak Bandung atau apalah, karena percuma. Orang berkuasa mana mikirin suara warganya, tanpa ada 'amplop'..

Fiuuhh..... tercurahkan juga kekesalan gue..
Kasian Bandung, many suck people lives in there.
See ya!