Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Kamis, 29 Desember 2011

Angkot versus Motor


PS: dibuat tanggal 26 Des '11. (stok an di komputer gue, ehehhe)
Angkot, salah satu transportasi public yang ada di Bandung yang banyak banget peminatnya sampe beberapa taun yang lalu. Dan beberapa taun kemudian (ampe taun ini) fans transportasi public itu pun berkurang. Kok bisa? Fans nya pada ‘murtad’ dan jadi ‘mualaf’ pengendara motor. Kok bisa? Pake angkot durasinya lama buat nyampe tujuan. Kok bisa? Trayeknya muter2. Kok bisa? Tanya aja tuh ama yang buat. KOk bisa? Nanya mulu lo! Let’s check this note.
PS: Note ini hanya sebuah curhatan gue, dan tidak bermaksud menggangu pihak2 mana pun. Dan note kali ini gue pake GUE lagi, keenakan sih…hihihi. Note selanjutnya kayanya bakalan pake GUE lagi daripada SAYA :P
Selama gue jadi ANGKOTERS (bahasa gue: buat fans angkot) banyak banget cerita dalem idup gue. Dan bikin idup gue lebih berwarna, hehehhe. Tapi bener kok, gue banyak banget pelajaran selama jadi ANGKOTERS. Salah satunya: lo bisa ngeliat penampilan orang yang silih berganti naek-turun angkot dan lo bisa jadi seorang analisa fashion sejati. Dari mulai anak SD ampe nenek yang kadang ga oke banget bajunya. Dan bisa jadi, lo bisa lebih pinter dari pengkritik fashion2 di luar sana. Maybe.
Dan yang gue rasain juga: Lo bisa makan semau lo, tidur semau lo, baca HARRY POTTER 5 semau lo, minum semau lo, merhatiin orang semau lo, ngeliatin baju orang laen semau lo dan sampe2  lo bisa hapal curhatan orang yang di sebelah lo. Atau bahkan lo serasa kenal sama si A gara2 orang yang duduk samping lo lagi antusias nyeritain si A. Dan itu semua bikin idup lo rame. Ga monoton. Lo bisa taw kehidupan orang di sebelah atau di depan lo. Ya…kalo lo lagi down sama idup lo, lo bisa taw kalo lo itu ga sendiri di dunia yang fana ini. Trust me, lo lagi down, naek angkot lah. Serious. Banyak banget hal yang bakalan lo dapet, berbagai macem orang, berbagai macam cerita bahkan berbagai macam copet.
And let’s compare with this vehicle!
Motor. Waktu gue naek angkot..kayanya seneng deh kalo naek motor, keliatan keren ajah. Lo bisa kemana2 sendiri, lo bisa kemana ajah semau lo. Tapi pas udah jadi MOTORER (bahasa gue: buat pengendara motor) ga terlalu keren ah, biasa ajah. Emang sih bisa kemana aja semau gue, tapi bikin idup ga berwarna.
Selama gue jadi MOTORER: lo ga bisa makan seenak bagong, lo ga bisa minum seenak onta, lo ga bisa tidur semau lo (merem lima menit aja kaga bisa), ga bisa baca HARRY POTTER 5 (yang ketebalannya melebihi tugas skripsi gue) selama perjalanan , dan yang lebih penting lagi…lo ga bisa merhatiin orang dan ngenilai penampilannya, ahahahha. Akibatnya: lo ga bisa jadi pengkritik fashion sejati dan selanjutnya lo ga bisa ngalahin pengkritik fashion professional di luar sanah. Dan yang paling parah-parah-accute adalah lo bakalan jadi orang penghasil emas terbanyak gara2 lo diem selama naek motor (ya iya, emang maw ngobrol ama syapa? Kecuali boncengan dan nelpon sih) –diambil dari peribahasa diam itu emas--. Penghasil emas tanda kutip atau bisa dibilang ga kenal orang laen. Lo juga ga bisa dengerin orang curhat selama perjalanan kecuali music di headset lo. See? Betapa mengerikannya jadi MOTORER, lo ga bisa berinteraksi dengan orang banyak selama perjalanan, dan buat yang lagi down…yang selalu naek motor dan ga pernah naek angkot: makin aja idup lo sendiri banget di dunia yang fana ini.
Dan jadi ANGKOTERS itu seru, temen gue…errr…ya temen gue…ya, temen gue,seseorang yang selalu membawa senjata berupa kamera dan lensa kemana2, ngejadiin penumpang angkot jadi objek foto nya dia. Dan itu emang seru banget, berbagai macem ekspresi, kegiatan bahkan aura bisa jadi targetan lensa lo. Dan ketika ada momen yang bener2 penting, lo tinggal bilang “kiri” aja, dan angkotnya berenti.  Dan momen yang paling berharga buat lensa lo, bisa ter capture dengan baik dan puas. Motor? Ya…lo bisa ngebandinginnya sendiri deh.
 Setelah men-sharing angkot dan motor, kenapa juga ampe sekarang gue masih jadi MOTORER?
Pertama, waktu tempuh yang lebih singkat. Kedua, lebih efektif untuk mobiling. Ketiga, lebih ekonomis. Ok, semua MOTORER komentar gitu semua, maka semuanya jadi ‘murtad’ ANGKOTERS. Akibatnya? Bah, wedan, (kalo di Harry Potter: Demi Janggut Merlin! Kalo di Spongebob: Demi Neptunus! Kalo muslim: Astagfirullahaladzim) muacet dimana2. Motor jadi raja jalanan, tiap jalanan kaya maw turing, aplagi pagi (memulai aktifitas)dan sore (pulang kantoran)…gilee cuy…gue ga bisa berkata2 ngegambarinnya betapa penuhnya jalanan sama MOTOR.
Dan akhirnya mereka semua bilang: habisnya maw gimana lagi, naek angkot lama, muter2 lagi…bla..bla…(penuh bualan dan alesan)
Dan akhirnya juga gue bikin sebuah hipotesis: ANGKOTERS murtad gara2 angkot ngetemnya lama dan lebih lama waktu tempuhnya gara2 macet. Supir angkot ngeluh macet gara2 makin banyak motor dan duitnya berkurang gara2 penumpangnya jadi MOTORER.
Jadi?  Selalu bakalan macet kalo semuanya jadi MOTORER. Dan akan berkurang macetnya kalo MOTORER beralih lagi jadi ANGKOTERS. Tapi masalahnya maw? Kalo gue: maw, soalnya jadi ANGKOTERS sekalian mengenang lagi masa2 indah sama temen gue… :P