Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Sabtu, 03 Maret 2012

Pasti Ada Kemudahan Sesudah Kesulitan :D Part 2

Hoammmmm.....long time no post! Heheheh. Postingan terakhir bulan pebruari, sekarang udah bulan maret ajah gituh ya...Makin deket aja nih sama bulan desember, 21 desember gitu loh, ramalan kiamat cuy! Lo pada percaya ga sih?? Oh iya, di Part1 kemaren, responnya bagus, temen2 gue pada komen. Ada juga temen gue yang protes, gara2 namanya ga dicantumin di Part1. Okay, gue cantumin deh di Part2 ini.

'...karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 
sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan (Q.S Al-Insyirah 5-6)'
 
Semenjak ayat qur'an di atas sering muncul di kepala gue, gataw kenapa bikin hati gue tenang. Gue ga ngerasa lagi galau sama pembimbing skripsi gue yang bener2 senior --yang katanya juga lama banget buat dapet ijin ujian sidang-- Tapi emang bener sih, susah banget tuh buat dapetin ijin ikutan ujian sidang. Temen gue aja, uci, gataw udah berapa kali daftar sidang, tapi akhirnya di ijinin juga. Sekarang dia udah dapet gelar sarjana. Eh iya, gue lagi2 bilang 'terima kasih' dan ga berenti ngucap syukur sama Yang Maha Kuasa gara2 gue dapet pembimbing senior ini dan --ampe bulan ini-- gue belum bisa ikut ujian sidang. Lho? Kok malah seneng sih? Sinting nih orang!  
Okay, silahkan bilang gue sinting, tapi gue tetep bersyukur. Dengan makin banyaknya temen gue yang udah ujian sidang dan punya gelar sarjana, gue makin banyak dapet 'persiapan bekal' buat ngadepin dunia luar yang sebenernya! Maksudnya gini, in reality temen2 gue yang udah sarjana rata2 belum dapet kerjaan. Sori, gue bukannya ngeledek atau ngehina temen2 gue yang udah sarjana, tapi ini realitanya cuy! Contohnya temen gue --yang pengen banget disebutin namanya di blog gue XD-- Utew, dia udah punya gelar sarjana dari bulan januari, tapi ampe bulan maret ini dia belum jelas dapet kerjaan dimana. Katanya sih baru masukin lamaran ke salah satu bank. Contoh lagi, temen2 gue yang bulan desember 2011 dapet gelar sarjana, ampe bulan ini belum juga dapet kerjaan,  baru masukin2 lamaran doang. Sekali lagi, gue bukannya malu2 in temen gue di blog gue, tapi mereka salah satu contoh dari ribuan sarjana di indonesia!
Oh iya, temen gue, inul, yang dapet gelar sarjana di bulan pebruari bilang: sidang itu nikmatnya cuma sebentar. Sidang itu bukan dari akhir dari segalanya. Udah tenang, eh dilanda stress lagi. mucul pertanyaan: Udah kerja dimana? 
Akhirnya gue nyimpulin: Gue bersyukur belum diijinin sidang sama Tuhan dari bulan2 yang lalu atau bulan2 ini karena gue belum punya plan ke depannya mau kaya gimana. gue ngejar kerja dimana? gue mau kerja kemana? gue mau idup kaya gimana? Gue sama sekali belum punya plan. Dan dari hasil curhat2 sama temen gue yang udah sarjana, bikin gue mikir2 lagi tentang masa depan gue di alam liar nanti. Lagi2 vite, temen gue yang udah jadi motivator amatiran nanya: udah punya rencana, kalo udah lulus mau kemana? Dan gue jawab belum. Jujur, emang gue belum rencana apa2. Kalo gue bilang: pengen cepet2 sarjana, terus wisuda, terus lamar sana2 sini deh. Hey, emang nya ngealmar kerja itu gampang?! Tante muda gue aja yah, yang udah melanglang buana di dunia kerja dan pengen nyari kerja lagi, beuuuhhh....susahnya minta ampun cuy! Susah diterimanya! Dia itu udah punya pengalaman, lah ini fresh graduate yang ga punya pengalaman apa2? Oke lah, sebenernya fresh graduate bagus, tapi...ga semua perusahaan yang pengen fresh graduate juga kali...:P
 
Sekali lagi, gue bukan ngeledek temen2 yang udah sarjana dan gue iri pengen cepet2 sarjana (sebenrnya iya sih..hehhehe). Ga, serius deh, gue ngajak ngerenungin ajah. Kita2 (di umur berkepala 2 dan berekor 2) udah ngadepin realita hidup yang sangat liar. Lo harus siap jadi manusia liar dan bebas. Bebas dari keuangan orang tua lo, bebas mutusin hidup lo dan bebas lakuin apa yang lo mau. Ada yang bilang gini: 
"Yah...gue udah jadi sarjana nih. Jadi beban negara... Hahahha"
Eits, siapa bilang beban negara? Kalo kata gue bukan beban negara, tapi beban diri lo sendiri. Emang negara masih ngasih subsidi buat sarjana yang belum dapet kerjaan? Hey, inget ya lo udah ga di tunjang lagi sama ortu lo. Jadi menurut gue, bukan beban negara. tapi beban diri lo sendiri.
 
Tiba2 lagi, vite, sang motivator amatiran, nanya: "Siap kalo bulan ini kamu ujian sidang?" dan gue bilang "Ga!". Gue belum siap buat ngadepin dunia luar, guys! Gue gatau mesti ngapain setelah lulus, soalnya gue belum punya rencana.
Gue juga tiba2 inget waktu gue nanya temen geng gue, mumut :
"Gimana skripsi? udah ampe mana?"
Dia jawab "Masih nyari2 bahan penelitian."
"Oh gitu, semangat terus ah!"
Dan dia jawab "Sebenernya aku ga perlu buru2 juga sidang sih, nyantey ajah. Let it flow deh."
Gue seneng dia akhirnya ngomong gitu, soalnya sebelum2nya dia stress dan down banget waktu skripsinya di acak2 dan dia makin lama ketemu ujian sidang. ^^
Oh ya, mungkin emang buat gue dan (mungkin) temen2 gue yang belum jadi sarjana, nyantey2 aja sih ngerjain skripsinya, ga dikejar2 sama sesuatu hal yang bikin stress pikiran. Tapi, mungkin buat beberapa temen gue, skripsi mesti bener2 beres, dan ngerjainnnya mati2an, soalnya ngejar sesuatu hal. Kaya temen geng gue, nda sama cacas. Hihihi. Secara gitu yah mereka udah berkeluarga, ada yang bener2 harus diurusin, hahha.

Gue semakin yakin sama Tuhan, kalo semua 'ujian' yang dia kasih buat hambaNya pasti ada jalan keluar. Kalo ga salah sih ada di surat al-baqarah, tapi lupa ayat berapa XD. Intinya sih, Tuhan ngasih ujian ke hambaNya sesuai dengan kemampuannya. Jadi, gue yakin, dengan gue dikasih pembimbing senior yang kiler dan proses bimbingan yang lama, gue bisa ngatasin ini semua. Ga mungkin lah, Tuhan ngasih ujian ke hambaNya, tapi di luar batas kemampuan ngatasin ujiannya. Ya, kaya ujian nasional buat anak SD SMP atau SMA gitu lah. Ga mungkin kan ngasih soal SMP ke anak SD, ga logis banget deh! Jadi yakin deh, dengan lo belum jadi sarjana atau lo belum dapet kerjaan --akhirnya bikin galau--, itu semua ujian yang Tuhan kasih buat hambaNya. Dan yakin juga lo pasti bisa ngadepin ke galau an ini semua! 

Tapi inget juga, janji Tuhan lagi di surat...ah, gue lupa, pokonya gini intinya: Tuhan ga akan pernah ngerubah suatu kaum, sebelum kaum itu merubah dirinya sendiri. Artinya, kalo lo mau sesuatu, lo mesti usaha. Tapi usaha nya mesti maksimal, jangan setengah2. :D

Akhirnya (lagi) gue punya moto idup yang baru ( sebelumnya moto idup gue: Rajin Pangkal Kaya, Hemat Pangkal Pandai :P):
1. Setelah kesulitan pasti bakalan datang kemudahan.
2. Tuhan ngasih ujian ke hambaNya, sesuai dengan kemampuan hambaNya.
3. Tuhan ga kan pernah ngerubah nasib hambaNya, sebelum hambaNya berusaha ngerubah nasibnya.

Percaya deh, dengan lo punya moto idup gitu, lo bakal ngadepin idup dengan tenang dan lebih wise. Bukannya gue sok sok wise (tapi emang iya, hahhaha*kiding!). Se galau galau nya idup lo, tapi kalo lo udah yakin 3 janji Tuhan Yang Maha Berkehendak yang ada di dalem qur'an, lo bakalan sedikit tenang hatinya. Trust me! :D

Gue ga punya cita2 jadi penceramah atau jadi motivator sejati, tapi gue punya cita2 ngasih hal2 yang terbaik buat orang2 di sekitar gue ^^. So, keep on my blog! hahahha. Oh ya, gue ga nge hiperlink nama2 temen gue ke akun FB atau Twitter nya. Soalnya gue ga mau temen2 gue malah lebih terkenal daripada gue dengan jumlah followers lebih banyak dari gue, hahahha *kiding!