Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Jumat, 20 Januari 2012

Angkot versus Motor (lagi dan lagi..)

 Kemaren waktu gue baru pulang, tiba2 si Ibu bilang "Ih, kamu apa-apaan sih pake nulis nulis segala tentang chongsang.". Gue jawab dengan cengengesan. Malemnya, kakak gue nelpon "Heh, apaan sih chongsang chongsang segala? apaan itu teh?" Logat sundanya kentel abis. Gue jawab dengan cengengesan juga. Ternyata oh ternyata mereka baca juga toh postingan gue yang kemaren, yang ngebahas mereka, ahahahha.Ternyata oh ternyata juga, yang selama ini buka blog gue orang2 yang ada di FB gue, mungkin di twitter juga. Artinya, kalo ga nge share, berarti ga ada yang liat, ahahahha.
Sebenernya postingan kali ini ga beda sama postingan yang dulu dengan judul yang sama, tapi kali ini bisa dibilang nambah2in yang pertama deh, hehhe.
Selama gue naek motor waktu 3 tahun yang lalu a.k.a masih pertama kali bawa motor ke kampus, gue fine fine ajah sih. Ga ngerasa gimana2, terus gue ngerasa aman2 ajah sama jalan raya. Ga ada pikiran2 negatif. Pokonya pure positiv thinking sama pengendara motor lain. Tapi, 3 tahun kemudian a.k.a taun ini gue ngerasa ga nyaman, ada rasa takut sama jalan raya --walopun ga bener2 takut--, gue jadi sering mengumpat juga, pokonya jadi ga gue banget lah. Gue pun berpendapat kalau taun ini jalan raya semakin crowded ajah. Sama apa crowded nya? Ya, Motor. Kemaren temen gue--yang dibonceng gue-- bilang "sekarang aku takut kalau naik motor. Udah ga nyaman, udah ga ngeliat orang lain, ga ngeliat lampu sein, ga ngeliat lampu rem juga". Bener juga tuh apa yang kata temen gue bilang, emang bener udah ga nyaman. Gue rasa, orang yang mengendarai motor --walau menyangkal-- egoisme nya tinggi. Gue ga nyangkal juga, termasuk gue yang sekarang kemana2 pake motor. Kadang gue ngerasa gue egois, orang maw nyebrang gue klakson, ga ngeliat lampu sein orang, eh malah marahin. Tapi itu pengecualian, kalau lagi buru2, hehhehe.
 Bisa dibilang, di kota gue, Bandung, motor emang udah jadi raja jalanan. Gue sempet nge jepret beberapa angkot yang 'dikepung' sama beberapa motor. Serem juga ngeliatnya. Liat deh fotonya:


Gue pun ngerasa kasian sama sopir angkot yang (mungkin) taun demi taun pendapatannya nurun, soalnya penumpangnya pindah jadi pengendara motor. Nah, masalah ini menurut gue kaya jadi sebuah siklus yang ga pernah putus. Check this out:

Penumpang naik angkot, ngeluh2: macetlah, wasting time lah, ngetemlah.Why? --> Macet dikarenakan banyak kendaraan, kebanyakan motor. Wasting time soalnya trayeknya muter2. Akibatnya --> 50persen penumpang jadi pengendara motor. Merasa waktu tempuh lebih cepet, duit pun lebih hemat. Akibatnya?--> penumpang angkot menurun, kemacetan bertambah. Supir angkot ngeluh2 pendapatannya nurun dan bikin ngetem lebih lama. Jadi--> penumpang pun ikut ngeluh2 gara2 ngetem lama yang bikin wasting time dan pengendara motor bikin 'ribut' pake klakson gara2 angkot ngetemnya dimana ajah.

Kalau disimpulin dari siklus diatas, permasalahannya cuma 2: jalur transportasi yang harus diperbaiki dan membatasi jumlah motor. FYI, dalam satu rumah ga hanya punya 1 motor, minimal ada 3. ayah, anak pertama yang udah kuliah/kerja, anak kedua yang masih smp/sma. Itu minimal ya, bisa ajah lebih kan. Ga adanya pembatasan kendaraan pribadi bikin sesek ajah jalan raya sama kendaraan pribadi.
Gue sebenernya ga mau sih ngebanding2in sama negara maju,tapi gue risih sih. Kalau di negara maju, misal China, Jepang, Jerman, Korea dan lainnya sistim transportasi nya bener2 rapi, tersusun dan ga semrawut. Gue sering liat di tivi2, dari mulai anak SD sampe eksekutif muda naek transportasi umum --> kereta. Kok bisa sih? Di negara maju, pajak dan tarif parkirnya muahal banget, jadi mereka ogah pake kendaraan/punya kendaraan pribadi. Terus gue sering denger: "kalau pake transportasi umum ituh lebih lama deh, wasting time u know." Iyah bener, tapi itu hanya terjadi di kota gue. Di negara maju, yang gue liat di tivi dan film2, mereka masih bisa mobiling dengan transportasi umum, ga telat, ga semrawut. Gue paling seneng liat film pas adegan keluar dari subway (kereta bawah tanah) terus jalan di trotoar dengan orang banyak, langkahnya juga cepet. Terus adegan pas nyebrang... Waktu lampu hijau, mereka diem di tepi trotoar, pas lampu merah mereka nyebrang di zebra cross. Ga cuma sendirian, tapi rombongan yang nyebrangnya. Terus sambil nyebrang dengan langkah yang cepet ada yang nelpon, ngobrol, dengerin musik, bawa segelas kopi, mainin i-podnya, dll. Seneng banget :*
Di Bandung??? Orang maw nyebrang, eh di klaksonin sama motor, padahal mereka nyebrang di zebra cross loh...FYI, seorang pejalan kaki yang nyebrang di zebra cross itu, dilindungi oleh Undang Undang loh..
Oh iya, salah satu lagi keegoisan pengendara motor, tiap ada di stopan kalau lagi lampu merah, pengendara motor suka pengen jadi yang paling depan. Gini, kan kalo di stopan suka ada zebra cross, harusnya motor/mobil berhenti di belakang garis zebra cross, tapi beberapa pengendara motor malah kaya yang rebutan posisi terdepan walaupun udah ngelebihi batas zebra cross. Gue heran, kan tar kalau lampunya udah hijau, jalannya samaan. Terus, kalau masih kuning, suka langsung tancap gas
Kalau lo naek angkot, kaya yang udah gue bilang di Angkot versus Motor, lo bisa ngelakuin apa ajah, heheh, kecuali jumpalitan. hehhhe. Dapet pacar juga bisa. hehhe. Bisa dibilang, kalau naek motor kalau lagi macet kerasa capek sebadan2, kalau naek angkot kerasa capek sebadan2 dan pikiran, hehhehe.
Oh iya, apalagi nanti April 2012, yang bakalan ada pembatasan BBM buat kendaraan pribadi, pasti motor makin merajalela deh. Gue udah bisa nebayangin deh bakalan gimana jalan di Bandung. Tapi, gue masih berharap sih pengendara motor pindah ke jalan yang bener --> naek angkot, hehehhe. Termasuk gue gituh... Gue juga bangga dan salut dan kagum sih sama yang ampe sekarang terus2an naek angkot. Kereeeenn....

Sebenernya kalau ngomongin transportasi dan menyoal angkutan umum, gue ga ahli, dan pasti bakalan ga ada habisnya kecuali ngobrol sama ahlinya. Gue cuma sebagai wakil dari masyarakat awam yang mengeluh-ngeluh tentang transportasi dan kendaraan di kota Bandung ini yang sudah semakin payah, payah dan payah dan ga ada perubahan. Kami enuntut perubahan! Hahahhaha