Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Minggu, 01 Januari 2012

Kok bisa nulis sih? *tips2 menulis ala Windsmiaw*


(Lagi, stoka di kompi, dan pernah di publish di FACEBOOK atau menurut Ejaan Yang Dingacokan Muka Buku :p)
Yap, kok bisa nulis sih? (mungkin) beberapa orang yang liat beberapa notes gue bingung, kok bisa nulis segitu banyak sih? (gila, gue narsis dan super-super PD abis gini yak! Ahahahha, bae ah.) Nulis, itu ga susah kok.. alias gampang sekali. Tapi tergantung lo maw nulis apa. Maw nulis skripsi? Ya iya sulit. Maw nulis karya ilmiah? Ya..susah juga, tapi gampang kok. Basicly, menulis itu gampang. Buktinya lo bisa update status tiap menit dan tiap hari dan tiap yang lo kerjain. Dengan selalu update status artinya lo bisa nulis.
“Bukan gitu yang gue maksud, cuy. Tapi tulisan yang panjang kaya tulisan lo itu loh! ”
Oh…gituh, tulisan gue ya. (hahahha….maaf sodara2 sekalian sekali lagi gue PD abizzz) Cuma perlu Practice and practice and practice and read many many many booksssss! Ga hanya buku sih sebenernya, dengan nonton film, dengerin curhatan orang , dengerin music, nonton sinetron….
“gue langsung bisa nulis, gituh?”
Bukan gitu yang gue maksud, dengan lo baca buku, nonton film, dengerin orang, beberapa kosakata bisa lo ambil dan akhirnya bisa lo tuangkan jadi tulisan. Tapi ga Cuma kumpulan kosakata nya doang lah, musti kudu ada ceritanya juga lah…namanya juga tulisan, mesti ada yang dibahas nya.
“Nah, caranya gimana dapet ceritanya?”
Kalo gue dari kehidupan sehari2, dari lingkungan sosial, temen, atau bisa dari pengalaman pribadi. Atau bahkan biasanya kalo lagi ‘nunggu sesuatu’ di toilet biasanya gue dapet ide cerita buat di tulis. Kalo maw belajar nulis yang paling basic: nulis lah diary!
“HAH?! DIARY? Plis deh…hello…hare geneh gituh ya, jaman modern gini nulis diary?? Kemana aja seh lo!”
 Heh, nulis diary itu ga dosa kok dan ga ngerugiin orang laen. Lo bisa nulis segala macem, dari mulai kenal cowok, pedekate, jadian, putus, berantem ama sahabat, suka sama orang padahal lo benci dia, lo ganti kelamisn, jadi pencuri, ah poko nya segala macem lo bisa ceritain di diary. Dan ga bakalan ada yang taw kok lo nulis diary, kecuali lo cerita ke semua orang yang lo temuin.  Lagian beberapa taun kemudian setelah lo nulis diary lo bisa flash back sama masa lalu lo lewat tulisan yang lo pernah lo tulis di diary. Bahasanya ga usah ada aturannya, bebas ajah, maw pake bahasa yang khsusus lo aja yang ngerti… silahkan. Yang pasti: WRITE IT!
“Terus kapan waktu yang pas buat nulis?? Pagi, siang, malem?”
Ya ampun, ga ada aturannya cuy! Apa yang ada di otak lo, mendingan langsung lo tulis. Ga perlu nunggu computer nya ‘sembuh’ (kalo yang lagi rusak) lo punya tangan kan? Tinggal ambil buku dan pulpen, lo tinggal tulis ajah! Kalo di nanti nanti, percaya deh, lo bakalan lupa.
“…aduh…cape dong…”
Hey hey hey, apa yang lo lakuin dengan penuh gairah hidup, sesungguhnya tidak pernah merasakan apa yang disebut capek. Malahan lo bisa lupa waktu bahkan lupa diri lo sendiri siapa.
“tapi tapi tapi….oke deh, gue coba. Jadi apa dulu nih yang mesti gue lakuin?”
Pertama, lo tulis apa yang ada di otak lo sekarang. Lo maw makan nasi padang, tulis…apa aja menunya, minumnya, setelah itu lo maw ngapain, terus aja ceritain. Kalo masalah ga rame atau ga seru, biarin ajah. Inget, PRACTICE alias latihan. Kedua, mesti terus nambah kosakata dengan baca buku apa pun, buku anak pleygrup juga bisa kok, pokonya nambah kosakata. Nonton film juga bisa. Kenapa mesti nambah kosakata? Biar ga monoton di tulisan lo selanjutnya. Ketiga, mulai sekarang biasakan menulis tentang apa yang udah lo lakuin seharian penuh, maw Cuma diem di rumah/kosan dan ga ngelakuin apa2, TULIS ajah!
“Okay, gue bakalan coba. Dan gue bisa bikin tulisan kaya di notes2 lo. Oh ya, apa tulisan lo di notes fb doang? Blog gitu, ada?”
Errr….walopun gue suka nulis, ampe hari ginih gue ga punya blog. Gue males ngurusnya cuy. Pengen sih, tapi tar gue coba deh.  Ada yang maw bantuin gue bikin blog?? :P Err…ga Cuma di notes fb ajah, di computer ada, yang di tulis tangan juga ada.
“dari kapan lo mulai nulis sih?”
Dari dulu, waktu SD gue udah mulai nulis diary, gara2 kakak gue suka ngeliatin tulisan nya, jadi gue ikut2an deh. Dan percaya ato ga, ampe segede gini gue masih nulis diary. (kalo ada yang maen ke kamar gue, dan ngobrak2 nyari diary, gakan nemu, gue samarin jadi buku biasa, ahahah)
“Wah?! Demi Janggut Merlin, serius lo? Last, ada yang maw omongin buat gue”
Empat rius lah gue.  Just write,write,write,write,read,read, read some books, watch some movies and sinetron ! :P Dengan terbiasanya menulis, saat buat skripsi, tesis, atau disertasi atau karya ilmiah atau bahkan buku non fiksi yakin deh jadi gakan terlalu sulit buat ngolah kosa katanya.
PS: Sesungguhnya ga ada orang laen yang ngewawancara. Dan ini semua gue persembahin buat temen2 yang hobi menulis, ingin bisa menulis dan mensosialisasikan lagi nulis DIARY di umur berkepala 2 ^^