Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Senin, 23 Januari 2012

Fenomena Korea Yang Fenomenal -Part 2-

Err...semenjak mosting kemaren tentang korea part 1 ternyata para pemirsa tersedot perhatiannya untuk buka blog gue, ehehhe. It means, apa pun yang ada baubau KorSel pasti menarik perhatian, ahahha. Untuk itu, hari ini gue mau mosting lagi Fenomena Korea Yang Fenomenal Part 2. Sebenernya sih, gue mesti lebih spesifik lagi judulnya, mungkin yang bener gini: Fenomena Korea Selatan Yang Fenomenal. Nah, lebih spesifik kan??
 Okeh, tancap mangg.....
Kalo postingan kemaren gue ngomongin soal: elektronik asal KorSel, sinetron KorSel em sedikit nyeritain Ibu gue yang maniak KorSel. Sebelum nyeritai lebih lanjut, ada beberapa hal yang bikin kening gue berkerut dan ampe sekarang belum nemu jawabannya, yaitu-->
1. GIMANA CARANYA NGEBEDAIN WAJAH CEWEK KORSEL DAN COWOK KORSEL??
2. GIMANA CARANYA JUGA NGEBEDAIN NAMA COWOK DAN CEWEK KORSEL??
Nah, dua pertanyaan itu yang bikin gue ga bisa tidur *lebay. Kalau menurut gue, cowok-cewek KorSel itu ga ada bedanya. Jangankan cowok-cewek, cewek-cewek pun gue ga bisa ngebedain. Mana yang namanya A atau mana yang namanya B. Semuanya sama rata.Terus, masalah nama. Gue bener2 ga bisa ngebedain cewek-cowok. Misalnya: waktu gue baca gosip tentang seorang artis KorSel, gue kira artis yang gue baca gosipnya itu adalah seorang cowok. Sampe gue baca kalimat akhir:  '....ternyata, gadis imut berumur 24 tahun ini......' WAW...ternyata cewek, selama gue baca, mindset di otak gue dia cowok. Ckckck. Tuh kan ga bisa ngebedain. Jadi, TOLONG...siapa pun yang bisa jawab dua pertanyaan aneh di atas, hubungi gue. Please yah...kalau ada yang bisa jawab, gue kasih sesuatu deh...hehhehe. Please yah.... :) Oh ya, beda loh sama artis2 Jepang. Gue bisa ngebedain dia cewek atau cowok, misal Shin Oguri. Kira2 itu cowok-cewek?? Yap betul, dia cowok. Terus...Aya Ueto?? Right, dia cewek. Coba kalau...Lee Won Hee?? (nama ngarang) Gue kira sih itu cowok. Eits, taw nya cewek loh... Terus... Jo Gi Sun?? Pasti ngiranya cowok juga, engga, itu seorang cewek. Duh..pusing. sekali lagi deh. Kalau Park Jun Sae?? Gue pikir itu cewek, tetot...itu nama cowok cuy. ERGH!! bikin gue jadi gila!! Makanya, sodara2 sekalian, jangan ngasih nama anak sok2an Korea-korea an yah, jangan sotoy yah..hehhe
Next....
Tadi gue sempet buka google dengan keyword Girlband Korea, mata gue langsung nyorot ke situs okezone.com dengan judul: Kamga 'Tangga' miris lihat Girlband Lokal. Isinya gini (gue simpulin) dia ngerasa ga suka liat girlband-boyband Indonesia yang lagi menjamur banget. Kenapa? Soalnya ngikutin banget korea korea gituh, bisa dibilang menjiplak banget budaya Korea Selatan. Kata Kamga lagi, dia ga suka konsep girlband-boyband yang meng KOREA kan diri. Padahal, girlband-boyband KOREA ituh pengaruhnya dari Amerika, tapi mereka sesuai kan dengan jati diri mereka (KorSel) dengan gaya dan wajah KorSel. Kalau di Indonesia, mereka mengKOREA kan diri. Kamga sempat bingung kalau ketemu boyband, ini boyband Korea atau boyband Indonesia?? Beul Banget, gue sangat setuju apa yang dibilang sama Kamga. Girlband-Boyband Indonesia itu meng KOREA kan diri sendiri atau kalau bahasa Sunda nya mah: KOKOREAAN. Coba deh liat ME, COWBOY, TRIO LIBELS mereka boyband, tapi (menurut gue) masih dalam budaya Indonesia, ga ada pengaruh2 barat (yang waktu itu lagi trend), mungkin ada sedikit2 niru tapi ga totally.
Akhir2 ini juga gue sering nonton tivi, ada satu iklan yang bikin gue (lagi-lagi) berkerut kening dan jadi bahan ledekkan orang rumah setelah iklan pengobatan tradisional (baca: My Weird Family). Gini iklannya:
"Aku ga punya pulsaaa...." Kata 'pulsaaa...' ber intonasi dan mengayun. Awal2nya gue ga ngeh, tapi lama2..."Ih, Korea abisss...." apa yang bikin Korea abis?? berbicara dengan nada berirama alias mengayun. Korea gitu kan cara bicaranya. Ga percaya?? Coba denger drama Korea yang ga di dubing. Sebenernya sih ga cuma Korea yang mengayun, orang Sunda pun gituh, atau bahkan orang Asia -lebih tepatnya- cara bicaranya ber irama. See, setelah ibu2 yang terkena efek Korea, sekarang iklan kena efeknya. ckckck. Dari beberapa bulan yang lalu, kalau gue jalan2 ke departement store, semua fashion ala-ala Korea. Ke Mal-Mal ada restoran nyediain menu Korea, ke tempat stationeri, produk2 nya dari Korea. Bener2 deh, semua orang udah gila Korea. Gue bukannya ga seneng, tapi KOK BISA SIH KOREA SELATAN NGERUBAH KEHIDUPAN ORANG INDONESIA?? GIMANA CARANYA?? Korea itu kan cuma punya baju tradisionalnya 1, HANBOK namanya. Indonesia?? Berpuluh2 baju tradisional. Korea kan cuma punya bahasanya 1 (kata gue), bahasa Korea ajah. Indonesia?? Beratus2 cuy. Tapi kok kalah sih dalam 'menyebarkan' virus keIndonesiaanya.
Gue masih inget waktu jaman gue SMP-SMA, virus Harajuku Style neledak di Indonesia. All about Jepang pasti nyedot orang2. Fashion, asesoris, makanan, komik, event..pokonya semua bau2 Jepang diburu. Jepang udah sepi, eh sekarang Korea Selatan. Eh, sebelum Jepang ada Taiwan yang diburu orang2, gara2 ada drama Meteor Garden, ahahah.
Pertanyaan lagi: Kenapa Taiwan, Jepang, bahkan KorSel bisa cepet banget masuk ke Indonesia dan diterima dengan terbuka sama orang2 Indonesia, terutama dalam hal fashion?? Kalau kata gue cuma 1: fashion mereka lucu2, warna warni dan tumpuk2. Sekarang mari kita lihat fashion orang2 Taiwan atau China umumnya. Kata gue sih..err...(maaf) norak, kampungan. Ga okeh ajah. Dari mulai bahan, model, dan warnanya bikin mata sakit. Jepang...kata gue lucu, tumpuk2..tapi..kadang norak juga sih. Pake baju sobek sana sobek sini terus pake kalung bling2, rantai..ahhh...kacau deh. Tapi gue suka sama tumpuk2 nya. Kalau dipake di Indonesia ga cocok cuy walau gimana pun juga, disini suhunya panas disana dingin. Panas2 pake baju tumpuk2?? Sauna berjalan kali yah..hehhe. Korea..ehm...gue suka. warna2nya pastel, modelnya pun lucu, tapi ga semua orang Indonesia cocok pake model Korea korea an.Sepatu boot, sweater/coat flanel, syal bulu2 lucu?? tetep ga cocok, kecuali lo maw ronda di tengah hujan badai...baru cocok, hehhe.
Yah, tapi overall gue suka fashion2 asia walaupun aneh2 juga, hehhe. eh, gue ada pertanyaan lagi: INDONESIAN STYLE ITU KAYA GIMANA SIH, SELAIN BATIK?? soalnya gue sering denger di inpoteinmen: "iyah..gue sekarang lagi seneng Korean Style gituh.." "Kali ini gue manggung Harajuku Style lah" pernah denger ga artis ngomong  "Kali ini aku Indonesian Style" Kalaupun iyah pasti dari material kainnya kalau ga batik, songket atau ulos. Modelnya?? gataw deh...
Korean Korean Korean and Korean...bakalan masih terus berjaya sampai beberapa tahun lagi, gue yakin pasti ntar ada matinya, kaya Jepang, dilupain masyarakat Indonesia, padahal dulu dipuja2. Kalau menurut lo??