Pengunjung Gue

Monkey Statistik @..@

Rumah Dijual

Minggu, 22 Januari 2012

Fenomena Korea Yang Fenomenal -Part 1-

Kenal sama gambar di atas? Siapa sih yang ga kenal. Yup, Girls Generation atau SNSD. Gue gatau SNSD itu kepanjangannya apa,hehhe. Pasti taw juga lagu2 nya apa ajah. Mulai dari anak kecil ampe dewasa pasti taw mereka plus hapal lagunya atau bahkan dance nya. Sekarang coba foto ini liatin ke anak SD kelas3 atau 6 dan tanya siapa mereka.
Pasti dengan semangat 45 mereka jawab Super Junior atau SuJu. (ya iyalah, itu ada tulisannya, hahahha). Kalau ditanya mereka nyanyi lagu apa aja? Pasti mereka bisa jawab sambil ngedance ngedance ala SuJu gituh. Tapi gue yakin, kalau ditanya: siapa yang yiptain Indonesia Raya, pasti mereka langsung diem pura2 mikir. hehhe.
SNSD dan SUJU merupakan salah dua artis asal Korea Selatan yang lagi booming banget deh, ga cuma di Indonesia atau Asia, tapi di seluruh dunia. Gila ga tuh. Korea Selatan bener2 lagi naek daun banget tuh di dunia, efeknya luar biasa, ga cuma di dunia musik tapi bahkan ke alat elektronik, ckckc. Salah satu contoh deh, merek elektronik terkenal asal Korsel, SAMSUNG sekarang lagi bagus pamornya, khususnya Handphone dan komputer Tabletnya itu loh... beuh, berbagai macem jenis ada dan keren2. NOKIA ajah sekarang ampe kalah pamornya. Padahal --gue masih inget-- beberapa taun yang lalu, kirakira 3 taun yang lalu SAMSUNG ga dilirik sama orang. Tapi di 3 tahun mendatang (tahunsekarang) SAMSUNG banyak banget kemajuannya. Eh iya di elektronik TV juga, dia ngeluarin TV 3 dimensi. hebat brow!
Selain itu, yang paling hot hot nya di Indonesia adalah drama KorSel yang sering ditayangin sama salah satu TV swasta. Sehari ga cuma 1 drama, bahkan bisa 3 drama sekaligus dengan durasi waktu kira2 90 menit (iklan 30 menit). U knowlah, episode drama KorSel itu ga ampe beribu-ribu kaya di Indonesia, dramanya rata2 punya 20-30 episode. Nah,setelah drama yang satu tamat, TV swasta itu udah nyiapin lagi drama berikutnya. Ckckck....
Sebenernya gue bukan pecinta Korea Selatan sih, suka sih tapi ga holic bahkan freak. Biasa dan masih batas kenormalan. Gue lebih holic bahkan freak sama Jepang, dari jaman gue SMP sih sebenernya. Walaupun ada kesamaan KorSel dan Jepang, tetep ajah gue ga bisa langsung pindah hati ke KorSel, hahah. Kalau temen2 gue yang holic Jepang, holic juga tuh sama yang bau bau KorSel. Kalau gue tetep setia dong. ahaha. 
Gue yang ga holic sama KorSel, berbanding kebalik sama emakemak yang ada di rumah a.k.a si Ibu. Wuih, pengetahuan dia soal KorSel, apalagi gosip artis2nya, mantaplah! Kalau lomba cerdas cermat per KorSel pasti menang. Heheh. Pernah waktu gue baca soal gosip KorSel, -gue sebenernya berguman, tapi si Ibu denger sih- gue bilang "Ih, siapa sih Kim Hyun Jung? Yang mana orangnya?" Dengan semangatnya si Ibu teriak "Itu loh, yang maen di Boys Before Flower, yang jadi cowok cool." Terus pernah juga gini, si Ibu bilang "Oh ternyata si blablabla (gue lupa lagi nama artisnya) ituh operasi plastik ya." terus juga "Gila, si Jang Geun Suk itu artis termuda yang paling kaya". Respon gue cuma "Oh..." atau "Heuuummm..." Kaya yang tau dan hapal ajah artisnya, padahal gue gatau, hahha.
Bener, KorSel udah merambah ke dunia Ibu-Ibu, ga hanya anak ABG. Waktu gue beli DVD juga, gue lirik Ibu-Ibu di sebelah, eh dia ngeborong drama KorSel dong, ckckc. Emang sih, gue akui, drama KorSel itu ceritanya simpel tapi rame. Kalau romantis, ga dibuat2. Kalau sedih, ga nanggung2 bikin penontonnya nangis darah. Kalau konyol, konyol nya pun alami.
Sebenernya efek KorSel yang bombastis ini ga gituh ajah muncul, tapi ternyata --gue denger di radio-- waktu tahun 2000 pemerintah Indonesia dan Pemerintah KorSel bekerjasama buat saling ngedukung acara2 kreatif dari dua negara ini. Kalau KorSel sangat-sangat-sangat diterima sekali di Indonesia, kalau Indonesia diterima ga di KorSel??